Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan kamu ingin mengembalikan pesanan ke penjual :
- Produk salah
- Produk tidak sesuai deskripsi
- Produk cacat/rusak yang tidak diinformasikan oleh penjual sebelumnya
- Produk tidak lengkap atau ada part yang kurang
- Produk palsu (namun ada klaim original oleh penjual di halaman produk)
Sebelum kamu mengajukan pengembalian barang, pastikan alasan pengembalian kamu termasuk dari penyebab-penyebab pengembalian pesanan diatas.
Hal-hal yang harus kamu siapkan untuk mengajukan pengembalian barang:
- Siapkan video unboxing paket yang diterima mulai dari sebelum paket dibuka hingga produk terlihat dengan jelas. Pastikan nomor resi paket terlihat dengan jelas
- Siapkan foto saat paket diterima (resi pengiriman yang terlihat jelas)
- Dikarenakan pengembalian pesanan akan menggunakan Findit Concierge (jasa kirim reguler), pastikan kamu telah menyiapkan dus atau plastik yang kuat untuk membungkus paket beserta bubble wrap
Berikut adalah tata cara pengajuan pengembalian pesanan di Findit:
- Pastikan pengajuan pengembalian kamu maksimal 1 hari kalender setelah pesanan diterima (kami akan menolak pengajuan kamu jika melebihi 1 hari kalender)
- Hubungi customer care Findit di nomor whatsapp 081112532784 atau email care@findit.id dengan menginformasikan nama produk dan nomor hp atau email yang terdaftar di akun
- Ikuti arahan Customer Care Findit untuk mengisi form Pengembalian Barang dan pastikan bukti kendala yang sudah kamu siapkan sebelumnya untuk diunggah di form tersebut
- Tim Customer Care akan melakukan validasi data kamu maksimal 1 hari kalender
- Jika bukti kamu valid, maka tim Customer Care akan melakukan pemesanan kurir di hari yang sama atau maksimal hari berikutnya untuk Pick up produk ke lokasi kamu.Pastikan kamu memberikan alamat yang akurat dan lengkap agar tidak terjadi kendala penjemputan paket
- Terkait pengemasan paket, kamu wajib mengemas paket menggunakan dus yg kuat atau plastik yang tidak mudah rusak beserta bubble wrap (untuk produk mudah rusak, tambahkan logo fragile) untuk memastikan produk sampai di penjual dengan aman. Tempelkan juga label pengiriman berisi nama serta alamat lengkap penjual diatas paket
- Saat produk telah sampai ke penjual, pastikan kamu memberikan informasi rekening kamu ke tim Customer Care agar pengembalian dana bisa segera diproses
- Pengembalian dana akan kamu terima dalam 3 – 5 hari kerja
How to Return Product to Seller?
The following are things that cause you to want to return your order to the seller:
- Wrong product
- The product does not match the description
- Defective/damaged products that were not previously informed by the seller
- The product is incomplete or there are missing parts
- Fake product (but there is an original claim by the seller on product page)
Before you request a return, make sure the reason for your return includes the reasons for returning the order above.
Things you must prepare to request a return of goods:
- Prepare an unboxing video of the package you receive starting from before the package is opened until the product is clearly visible. Make sure the package receipt number is clearly visible
- Prepare a clearly visible photo of the delivery receipt
- Because returning orders will use Findit Concierge (regular delivery service), make sure you have prepared a box or strong plastic to wrap the package along with bubble wrap
The following are the procedures for submitting an order return on Findit:
- Make sure your return application is a maximum of 1 calendar day after the order is received (we will reject your application if it exceeds 1 calendar day)
- Contact Findit customer care on WhatsApp number 081112532784 or email care@findit.id by providing the product name and cellphone number or email registered to the account
- Follow the Findit Customer Care instructions to fill out the Return of Goods form and ensure that the proof of the problem that you have previously prepared is uploaded to the form
- The Customer Care Team will validate your data for a maximum of 1 calendar day
- If your proof is valid, the Customer Care team will place a courier order on the same day or maximum the next day to pick up the product to your location. Make sure you provide an accurate and complete address so that there are no problems picking up the package
- Regarding package packaging, you must pack the package using a strong box or plastic that is not easily damaged along with bubble wrap (for easily damaged products, add a fragile logo) to ensure the product arrives at the seller safely. You also should attach a shipping label containing the seller’s name and complete address to the package
- When the product has arrived at the seller, make sure you provide your account information to the Customer Care team so that the refund can be processed immediately
- You will receive your refund within 3 – 5 working days
Butuh bantuan lebih lanjut? Tenang! Kami siap membantu Anda melalui dua cara mudah:
Ketersediaan Layanan:
Untuk mendapatkan bantuan, segera hubungi kami melalui:
Email: care@findit.id
WhatsApp: +62-81190013750